Tim BPOM Provinsi Verifikasi MTsN 1 Kota Bima dalam Rangka Sertifikasi Madrasah dengan PJAS Aman

Maraknya berbagai makanan dan cemilan yang ditawarkan di masyarakat membuat kita harus bisa memilih dan memilah bahan makanan mana yang harus kita konsumsi karena kemanan pangan sangat penting.

Kamis, 11 Januari 2024, MTsN 1 Kota Bima menerima kunjungan Tim BPOM Provinsi NTB dalam rangka menidaklanjuti Program Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) Aman. Verifikasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan ketertiban dan pelaksanaan keberlangsungan program PJAS Aman. TIM yang terdiri Dra. Winartutik, Apt, M. Ibnu Fajri, S.Si, Sri Ratu M, S.K.M dan Nikmah melaksanakan kegiatan Verifikasi Sekolah dan Sampling dalam rangka Sertifikasi Sekolah dengan PJAS Aman di Kota Bima.

Kegiatan pokok dalam verifikasi PJAS Aman yang dilaksanakan Tim BPOM Provinsi NTB di MTsN 1 Kota Bima yaitu melakukan pengamatan dan wawancara langsung pada pengelolaan kantin dan koperasi madrasah serta lingkungan pendukung. Pada sesi ini tim mengamati, memilah berbagai makanan dan minuman yang disajikan oleh kantin di madrasah dan kantin koperasi madrasah. Selama proses dialog dan wawancara pihak tim verifikasi dan pengelola kantin terpantau pada materi tentang jenis makanan, bahan baku, proses pengolahan, durasi daya tahan layak saji, penyajian, perhatian tentang expired, ketersediaan tempat dan kelayakannya serta kebersihan kantin. Banyak tips dan edukasi tentang pengelolaan makanan sehat serta pemahaman tentang pangan yang aman bebas cemaran biologi, cemaran kimia dan cemaran fisik atau benda asing, tips memahami cara mengetahui makanan yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet serta zat-zat berbahaya seperti formalin, borax atau lainnya.

Hasil pengamatan terhadap pangan jajan di kantin madrasah, sebagaiman disampaikan Dra. Winartutik, Apt. dan M. Ibnu Fajri, S.Si, secara umum tidak ditemukan makanan berbahaya.

Taufik, S.Pd,  mewakili kepala madrasah H. Abdul Gani, S.Ag menyampaikan konfirmasinya terkait hasil verifikasi,” Jajanan sebaiknya dalam kemasan atau ditutup supaya aman dari debu, lalat atau hal buruk lainnya. Hindari campura bahan makanan pewarna, borak maupun pengawet, perhatikan durasi bukan expired, minyak goreng baru bila digunakan maksimal 3 kali untuk menghindari kolesterol, tersedia tempat sampah dan penutupnya serta ciptakan kantin bersih.”

Beliau juga menyambut positif adanya verifikasi dimaksud,” Supaya warga madrasah lebih memahami keamanan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) dan mengonsumsi pangan jajan yang aman dan sehat. Demikian pula pengelola kantin supaya mendukung program PJAS dengan menyajikan makanan, minuman, sehat dana man untuk dikonsumsi,” ujarnya

January 11, 2024

0 responses on "Tim BPOM Provinsi Verifikasi MTsN 1 Kota Bima dalam Rangka Sertifikasi Madrasah dengan PJAS Aman"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MTs Negeri 1 Kota Bima. 2018. Powered by Bimasoft