Festival Marawis, MTsN 1 Kota Bima Jadi Tuan Rumah

Humas MTsN 1 Kota Bima- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar kegiatan lomba Marawis. Kegiatan tersebut berlangsung di aula MTsN 1 Kota Bima pada Senin (18/12/2023) dan dibuka secara langsung oleh kepala MTsN 1 kota Bima, H. Abdul Gani, S. Ag yang diwakili oleh Nurhasanah, S. Pd selalu waka humas.

Nurhasanah, S. Pd menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan karakter siswa. Di sini, satuan pendidikan memainkan peranan penting untuk membentuk dan memotivasi para generasi penerus bangsa agar mencintai seni yang notabennya menjadi warisan tradisi.

“Karena seni memainkan peranan penting dalam pembentukan karakter generasi muda kita yang siap menghadapi tantangan global dengan tidak menyampingkan nilai-nilai luhur budaya bangsa,” Ucapnya.

Menurutnya, pelestarian nilai seni dan budaya kepada generasi penerus menjadi hal yang perlu dan harus dilakukan mulai dari sekarang. Karena, anak-anak usia sekolah itu lebih pandai berkreasi dan membuat inovasi-inovasi ketukan dalam memainkan alat musik marawis.

“Siswa begitu lihai memainkan alat musik serta lirik sholawat yang menyejukkan, maka dari itu anak-anak perlu kita bimbing supaya penyaluran rasa seni sejalan dengan agama dan juga budaya kita,” pungkasnya.

Lebih lanjut Drs. H. M. Adnan selaku koordinator lomba Hari amal bakti kemenag kota Bima mengapresiasi pihak MTsN 1 Kota Bima atas terlaksananya lomba marawis ini. Berkat kerjasama dan partisipasinya kegiatan ini bisa berlangsung dengan sukses.

“Ini bukti semangat kebersamaan, gotong royong, dan juga rasa kekeluargaan di dunia pendidikan. Alhamdulillah, anak-anak bisa menyalurkan bakatnya dan siap berkompetisi. Semoga kegiatan positif ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam mengembangkan diri secara optimal.m

Sentara itu, salah satu peserta lomba marawis dari MTsN 1 kota Bima, Try Aydin Nawwar mengaku berminat bermain seni musik marawis ini. menurutnya, ia dapat berkontribusi melestarikan budaya.

Hal yang sama juga diakui, M. Saldo. Ia mengatakan minatnya bermain musik marawis ini sudah dipelajarinya sejak duduk dibangku sekolah dasar.

“Bermain alat musik marawis ini seru. Selain bisa berkreasi, juga dapat mensyiarkan agama Islam,” pungkasnya.

December 18, 2023

0 responses on "Festival Marawis, MTsN 1 Kota Bima Jadi Tuan Rumah"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MTs Negeri 1 Kota Bima. 2018. Powered by Bimasoft